Ketua Komisi A DPRD Kab. Landak mendengar aspirasi warga Desa Angan Tembawang

Jelimpo – Camat Jelimpo beserta staf mendampingi kunjungan kerja Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Landak, sekaligus berkunjung ke tempat wisata Riam Angan di Desa Angan Tembawang yang sampai saat ini masih ditutup karena pandemi covid 19. Hadir dalam kegiatan Kepala Desa, Perangkat Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua BPD dan Anggota serta beberapa perwakilan warga. Pertemuan dilaksanakan dengan diskusi santai, dan warga dapat memahami penjelasan yang diberikan oleh Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Landak mengenai beberapa hal, salah satunya terkait bantuan sosial bagi warga yang selama ini menjadi perbincangan. Dalam penjelasannya, Pak Cahyatanus memberikan penjelasan bahwa bantuan yang diterima warga selama ini ada beberapa jenis. Antara lain Program Keluarga Harapan (PKH), dimana warga yang berhak menerima bantuan yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan ada kriteria khusus, serta ada tenaga pendamping PKH untuk setiap desa. Kedua, Program Pangan, yang dulu dikenal dengan BPNT. Keluarga yang menerima juga terdaftar dalam DTKS. Selanjutnya Bantuan Sosil Tunai (BST). Bansos ini merupakan bantuan bagi warga yang terdampak covid 19 dan sudah terdata dalam DTKS. Ketiga bantuan ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat. Selanjutnya, bagi warga terdampak covid 19, pemerintah mengamanatkan Pemerintah Desa untuk memberikan BLT-DD bagi warga yang tidak mendapatkan salah satu dari bantuan-bantuan tersebut, tentunya yang memenuhi kriteria sebagaimana amanat peraturan perundangan yang berlaku.

DTKS bersumber dari sensus yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik pada tahun 2010 dan diperbaharui datanya oleh BPS pada tahun 2015. Jadi, jika ada warga yang sudah tidak berhak lagi untuk menerima bantuan, mohon kebesaran hati yang bersangkutan untuk memberikan bantuan kepada yang lebih berhak, papar Bang Tanus, begitu panggilan akrab Beliau. Selanjutnya beliau mendengarkan dan mencatat serta memberikan penjelasan terkait beberapa aspirasi warga yang hadir, dan akan dijadikan bahan pertimbangan Pemerintah Daerah Kabupaten Landak dalam mengambil kebijakan kedepannya.

Dalam sambutannya, Camat Jelimpo mengucapkan apresiasi dan terima kasih yang sebesar – besarnya atas kesediaan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Landak untuk datang langsung dan menemui warga di wilayah Kecamatan Jelimpo, khususnya Desa Angan Tembawang. Selanjutnya, Beliau berpesan kepada Kepala Desa dan BPD agar segera membentuk Peraturan Desa terkait pengelolaan obyek wisata Riam Angan agar bisa meningkatkan PADesa, dan hal ini disambut baik oleh Ketua Komisi A yang akan ikut memfasilitasi. Kepala Desa Angan Tembawang berkomitmen akan bersinergi dengan BPD dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa kedepannya. Pertemuan diakhiri dengan meninjau kondisi obyek wisata Riam Angan.

 

Leave a Reply